Wisata Edukasi 2017

Dayita Aliyyah (7F absen 8)

19 Oktober 2017, pukul 6 pagi, Labschool Jakarta sudah dipenuhi oleh siswa SMA, siswa kelas 9 dan siswa kelas 7. Siswa SMA akan berangkat ke Bandung untuk menjalani Trip Observasi, kelas 9 ke Bogor tepatnya ke Highland Resort untuk menjalankan AMT atau yang disebut Achievement Motivation Training, dan kelas 7 wisata edukasi ke Serpong dan Taman Mini Indonesia Indah.

Jam 6.30, siswa siswi SMP sudah berkumpul di halma untuk melaksanakan apel keberangkatan. Siswa SMA sudah pergi terlebih dahulu ke Bandung. Apel disambut oleh Pak Sarmilih selaku wakil kepala sekolah bidang akademik, ibu POMG, Pak Dedi (guru agama) sebagai MC, dan beberapa guru lainnya. Siswa baris berdasarkan kelas. Guru yang ikut di kegiatan ini adalah tentunya wali kelas masing masing, pembina, juga guru guru lainnya.

Apel selesai sekitar pukul 7.00 dan siswa berbaris untuk ke bis masing masing. Bis yang dipakai adalah Panorama, yang dikoordinasikan oleh Pak Agung (guru IPA). Untuk kelas 7, terdapat 6 bis sesuai kelas dari A sampai F. Perjalanan sekitar satu setengah jam menuju destinasi pertama yaitu PUSITEK atau yang disebut Pusat Ilmu Pengetahuan Teknologi di Serpong.

Sampai di PUSPTEK sekitar pukul 8 lebih. Siswa dibawa ke auditorium dan diberi briefing tentang kegiatan. Dijelaskan juga berbagai macam informasi tentang PUSPITEK. Dilanjut dengan pemberian cemata, dan sesi tanya jawab. Ada 3 siswa yang memberi pertanyaan seputar PUSPITEK.

Selesai dari auditorium, siswa kembali ke bis masing masing. Di bis, siswa langsung memakai jas lab dan mempersiapkan papan jalan juga LKS sebagai laporan wisata. Siswa juga diberi tugas untuk membuat video dokumenter yang nantinya akan dipilih 3 terbaik berdasarkan kelompok yang sudah ditentukan. Dipilih berdasarkan detail kegiatan, kualitas video, dan tentu editan yang rapih. Anggota kelompok berisi 5 sampai 6 orang, yang tugasnya berbeda.

Di PUSPITEK Serpong terdapat banyak lab didalamnya. Terdapat laboratorium LIPI, BPPT, BATAN, dan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Untuk kelas 7F, kami mendapat bagian laboratorium BPPT. Didalamnya ada banyak lab, ada lab fermentasi, dan lain lain. Pemandu kelas 7F adalah Pak Jamil, dan tentunya dibimbing oleh wali kelas kami, Pak Anantyo Bimosuseno.

Kami dijelaskan tentang fungsi lab ini, cara bekerja setiap lab, dan info info tentang makanan. Kegunaan lab ini adalah untuk mengolah bakteri jamur menjadi obat yang bermanfaat untuk masyarakat. Kami menelusuri lab BPPT ini sekitar satu jam, sambil menjawab LKS dan mengabadikan video untuk tugas. Selesai dari lab, siswa kembali ke bis masing masing dan diberi waktu istirahat sebentar. Siswa diberi makan siang berupa KFC. Di bis, suasana sangat seru walaupun riuh. Kami bernyanyi nyanyi dengan lagu yang diputar Pak Bimo. Selesai makan siang, bis mulai jalan satu persatu menuju destinasi kedua, Skyworld yang terdapat di Taman Mini Indonesia Indah.

Perjalanan kurang lebih satu jam dengan kondisi jalanan tol lancar. Siswa juga berganti pakaian. Dari baju batik, ke kaus angkatan 26 yang baru saja kami dapat. Tentunya, kekompakan dibutuhkan saat berganti pakaian di bis ini.

Image result for skyworld tmii di Taman Mini Indonesia Indah, siswa kembali memvideo kegiatan untuk tugas dan mempersiapkan LKS. Setelah semua siswa turun dari bis, siswa langsung melaksanakan shalat zuhur di Masjid Pangeran Diponogoro. Sekitar setengah jam, siswa kembali ke bis dan berjalan ke Skyworld. Sampai di Skyworld, siswa menyiapkan LKS dan dibawa ke auditorium. Disana siswa diberi briefing dan ditayangkan tentang luar angkasa dan planet planet. Siswa di auditorium sekitar satu jam. Selesai dari sana, kami berbaris untuk memasuki Skyworld.

Didalam, terdapat banyak info luar angkasa serta planet. Juga astronot dan teleskop. Terdapat banyak teleskop keren dan informasi pembuatnya. Ada juga roket raksasa di tengah tengah area itu. Tak lupa, siswa kembali mengabadikan video untuk hasil tugas. Banyak juga tayangan kecil tentang luar angkasa didalamnya. Didalam skyworld benar benar keren!

Selepas Skyworld, siswa keluar dan berbaris lagi untuk menonton tayangan 5D. Karena berbaris untuk mendapat giliran menonton sangat lama, siswa diberi sepotong pizza dari Pizza Hut sambil bercengkrama diluar teater.

Saat mendapat giliran, kami diberi kacamata khusus untuk menonton tayangan 5D dan menonton tentang roller coaster. Tayangan begitu menegangkan, sampai siswa berteriak. Selesai menonton, siswa ke planetarium dan menonton tayangan tentang luar angkasa lagi. Karena siswa ada yang telat masuk, terpaksa duduk di tangga planetarium. Walaupun begitu, kegiatan di planetarium sangat seru. Kami ditayangkan tentang rasi bintang dan macam macam lainnya.

Kegiatan selesai sekitar pukul setengah 6 sore. Beberapa siswa ada yang dijemput orang tua. Bagi siswa yang tidak, langsung ke Masjid Pangeran Diponorogo lagi dan melaksanakan shalat ashar dan maghrib. Selesai shalat, siswa kembali ke SMP Labschool Jakarta dengan hujan yang cukup besar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HOLIDAY HAPPY DAY

Dampak Penghapusan Mata Pelajaran TIK di Sekolah

Libur Akhir Semester