Libur Akhir Semester

Libur akhir semester kali ini diadakan dari tanggal 23 Desember sampai tanggal 5 Januari, kira kira 2 minggu. Libur kali ini sangat diluar rencana, yang tadinya mungkin keluarga saya hanya akan menetap di Jakarta dan jalan jalan sekitar kota, tapi ternyata keluarga dari Bandung mengajak kami untuk mampir saat tahun baru. Tapi, sebelum kami ke Bandung, saya dan keluarga saya mampir ke Kota Tua, dengan perkiraan kami bisa mengunjungi museum yang terdapat disana, ternyata hampir semua museum sedang di renovasi. Jadi, perjalanan kami ke Kota Tua tidak begitu puas. Apalagi sedang sangat panas, dan sangat ramai.

Sekitar tanggal 28, akhirnya kami berangkat ke Bandung. Saya kira, mungkin perjalanan memakan waktu yang lama. Tapi ternyata, kami berhasil sampai di Cimahi dalam waktu 3 jam. Disana, saya tidak bermalam di hotel atau villa, berhubung ada saudara, jadi kami mampir kesana. Tanggal 29, kami pergi ke daerah Ciwidey yang penuh dengan tempat wisata di kanan kiri jalan. Karena ke Kawah Putih sudah mainstream, jadi kami mencari tempat wisata yang masih baru didaerah agak atas.
Related imageAkhirnya, kami sampai di sebuah gerbang masuk. Disana tertera berbagai contoh wisata. Totalnya Rp150.000,00 untuk paket. Tapi, karena wisata ini baru saja dibuka, tiket hanya Rp50.000,00 per orang dengan paket yang sama. Sebenarnya, jika hanya ke satu daerah cuku membayar Rp20.000,00.

Pertama, kami ke Situ Patenggang. Terdapat danau yang luas dan sangat jernih, juga disampingnya terdapat restoran berbentuk kapal besar bernama Restoran Pinisi. Untuk berfoto bersama keluarga, disini sangat pas. Apalagi untuk makan bersama, dan dengan model prasmanan. Sayangnya, saat itu restoran sangat ramai, juga prasmanannya yang mengantri panjang, kami tidak jadi makan disana. Tapi, masih disekitar restoran, terdapat banyak sekali jajanan khas Bandung!
Terdapat juga Glamping disekitar danau yang bisa untuk memancing(bawa peralatan sendiri) dengan harga yang cukup worth it. Pemandangan di Situ Patenggang sangat keren! Apalagi jika malam.

Jika kita ke daerah kanan Situ Patenggang, terdapat taman kelinci yang cukup luas! Banyak sekali kelinci yang berkeliaran disana, dan juga terawat. Jika masuk ke taman kelinci ini, kita wajib menunjukan tiket masuk tadi. Dan juga bisa membeli kangkung didepan area taman.

Related imageSelanjutnya, kami ke Teras Bintang yang masih di daerah Situ Patenggang. Udaranya sangat amat sejuk! Viewnya juga bagus, masih mengarah ke Situ Patenggang dan kebun teh. Untuk berfoto foto diujung tiap sudut juga bagus! Atau hanya sekedar melihat pemandangan dan menghilangkan stres(haha.)
Untuk masuk ke Teras Bintang, kita juga wajib menunjukan tiket masuk tadi.

Related imageDan terakhir, kami ke Kawah Rengganis. Kawah ini baru dibuka seminggu sebelum saya datang. Walaupun tidak seluas Kawah Putih, bau belerang sangat menyeruak! Walaupun begitu, Kawah ini tetap bagus. Pertamanya, untuk menuju Kawah Rengganis harus menggunakan ojek seharga Rp10.000,00. Jika jalan, mungkin akan memakan waktu lebih lama dengan jalanan yang cukup terjal karea sampingnya jurang. Tadinya, kami kira bisa menggunakan mobil, tapi kata penjaga gerbangnya masih harus jalan kaki sekitar 1 kilometer atau naik ojek. Nah, karena kami bingung disekitar gerbang itu tidak ada ojek, akhirnya mobil dari glamping Situ Patenggang datang untuk antar ke daerah agak bawah untuk mendapatkan ojek. Akirnya pun, semua terbayarkan dengan pemandangan yang memuaskan.

Foto diambil dari Google.